Wednesday, December 23, 2015

Transmisi Data

Posted by on Wednesday, December 23, 2015

Transmisi Data

Transmisi data merupakan suatu proses pengiriman atau transfer data dari pengirim(source) ke penerima(destination). Data dari pengirim(source) tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk data, melainkan dengan menggunakan transmitter. Transmitter disini berfungsi untuk mengubah atau mengkodekan informasi(data) menjadi sebuah sinyal elektromagnetik. Kemudian sinyal akan ditransmisikan melalui media transmisi. Sinyal dari source akan ditangkap oleh receiver untuk diubah atau dikodekan kembali menjadi data. Kemudian data tersebut diterima oleh penerima(destination). 

 Contoh transmisi data
Keberhasilan atau kesuksesan sebuah transmisi data ditentukan oleh dua faktor yaitu :
- Kualitas dari sinyal yang ditransmisikan
- Karakteristik media transmisi

Media Transmisi

Transmisi data terjadi antara transmitter dan receiver melalui media transmisi. Media transmisi dibagi menjadi dua yaitu :
a. Guided : Data ditransmisikan dalam bentuk gelombang melalui sepanjang jalur fisik dan dikendalikan, seperti twisted pair, kabel koaksial, dan fiber optik.
b.Unguided : Media unguided biasa disebut media wireless, data ditransmisikan melalui jalur fisik dan tidak mengendalikannya. Contoh unguided media yaitu udara, air, vacuum(ruang hampa).

Terminologi Transmisi Data

- Direct Link : Transmisi data dilakukan melalui sambungan langsung (tanpa perantara), transmisi antara dua perangkat dimana sinyal ditransmisikan langsung dari transmitter ke receiver dengan tanpa perantara seperti amplifier atau repeater. - Point to point : Direct Link antara dua perangkat dan hanya dua perangkat sama-sama menggunakan media yang menggunakan jalur hubungan.


TX/RX : Transmitter/Receiver
- Multi-point : Lebih dari dua perangkat menggunakan media yang sama dalam jalur hubungan


Dapat dilihat bahwa multi-point terdapat 2 atau lebih perangkat (transmitter/receiver) pada media yang sama. Dan juga terdapat amplifier dan repeater yang digunakan untuk memperkuat sinyal.

Transmisi data dapat dilakukan secara :
1. Simplex
- Sinyal ditransmisikan satu arah yaitu dari pengirim ke penerima.
- Sumber yang satu bertindak sebagai transmitter data dan mengirimkannya ke receiver lainnya.
Contohnya : siaran televisi, siaran radio
2. Duplex
a) Half Duplex
- Sinyal ditransmisikan dari dua arah secara bergantian
- Kedua perangkat dapat melakukan transmisi tetapi secara bergantian dalam satu waktu
Contohnya : komunikasi menggunakan handy talky
b) Full Duplex
- Sinyal ditransmisikan dari dua arah secara bersamaan
- Kedua perangkat dapat melakukan transmisi secara bersamaan
Contohnya : komunikasi menggunakan telepon

Referensi :  William Stallings, Data and Computer Communications : Eight Edition, Prentice Hall, Pearson Education Inc : 2007
close