Pewarnaan Objek Geometri di Java 2D - ARTANA

Pewarnaan Objek Geometri di Java 2D

Pewarnaan (filling) dapat diterapkan ke dalam pembuatan objek geometri. Objek geometri dapat digambar dengan method fill atau draw. Untuk menambahkan warna pada objek geometri, kita dapat menambahkan method dari kelas Graphics.

void setColor(Color c) 

Objek Color didefinisikan sebagai sebuah warna. Kelas Color secara default menggunakan rentan warna RGB. Berikut ini adalah contoh penggunaan Color di Java 2D.

/**
*
* @author Wim Sonevel
*/
import java.awt.*;
import java.awt.geom.*;
import javax.swing.*;

public class SegiPanjangWarna extends JApplet {

public static void main(String[] args) {
JFrame frame = new JFrame();
frame.setTitle("Persegi Panjang Warna");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
JApplet applet = new SegiPanjangWarna();
applet.init();
frame.getContentPane().add(applet);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
}

@Override
public void init() {
JPanel panel = new Panel2D2();
getContentPane().add(panel);
}
}

class Panel2D2 extends JPanel {

// variabel koordinat
int x = 0;
int y = 0;

public Panel2D2() {
setPreferredSize(new Dimension(500, 400));
setBackground(Color.white);
}

@Override
public void paintComponent(Graphics g) {
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
//panggil method
gambar(g2, x, y);
}

//method dengan parameter x dan y
public void gambar(Graphics2D g2, int x, int y) {
//gambar persegi panjang
Rectangle2D.Double persegipanjang = new Rectangle2D.Double(x + 100, y + 50, 200, 100);
g2.setColor(Color.GREEN);
g2.fill(persegipanjang);
g2.setColor(Color.blue);
g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f));
g2.draw(persegipanjang);
}
}


Output :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

close