Friday, October 20, 2017

Cara Mengatasi Hardisk PS2 Tidak Terbaca Di Komputer Atau Laptop

Posted by on Friday, October 20, 2017
Cara mengatasi hardisk ps2 tidak terbaca di komputer - Halo sahabat blogger, Apakah pada saat ini kamu sedang bingung Kenapa hardisk PS2 tidak terbaca di PC? Apakah kamu sudah menyimpulkan bahwa habis eksternal PS2 tersebut tidak dapat terbaca karena karena memang sudah rusak? Sebelum kamu menyimpulkan hal-hal yang seperti itu, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu Apa yang menyebabkan hardisk eksternal PS2 tidak terbaca.

Tentunya jika hardisk tersebut rusak tidak terbaca pada komputer atau laptop, tentunya kamu juga harus mencoba hardisk eksternal tersebut ke PS2. Jika memang misalnya hardisk eksternal tersebut dapat terbaca oleh PS2, berarti masalahnya bukan pada hardisk PS2 tersebut melainkan beberapa alasan yang dapat menyebabkan hardisk eksternal PS2 tidak terbaca di komputer ataupun laptop, seperti yang akan saya ulas dibawah ini.

Cara Mengatasi Hardisk PS2 Tidak Terbaca Di Komputer


Permasalahan yang sering terjadi kenapa hardisk PS2 tidak terbaca di PC ya itu karena faktor-faktor berikut :
  1. Masalah pada kabel USB atau kabel data
  2. Terdapat masalah pada komponen harddisk
  3. Terjadi masalah pada port USB komputer atau laptop
Untuk lebih jelasnya silakan kamu lanjutkan membaca hingga selesai.

1. Masalah pada kabel USB atau kabel data


Salah satu penyebab yang sering tidak disadari oleh pengguna yaitu masalah yang terjadi pada kabel data. Misalnya seperti kabel data USB putus, sudah jelek ataupun Sudah usang, dan juga ada solderan yang patah.

Dengan masalah seperti di atas, hal itu dapat menyebabkan hardisk PS2 tidak dapat terbaca sama sekali oleh komputer dan juga kita harus memperhatikan apakah lampu indikator tersebut menyala atau tidak, karena biasanya jika hal tersebut terjadi lampu indikator tidak akan menyala sama sekali.

Jadi sebelum kita berniat untuk membeli hardisk eksternal yang baru untuk PS2, sebaiknya kamu mengganti kabel data tersebut dengan menggunakan kabel data yang lain. Dengan begitu kita sudah dapat memastikan bahwa masalah tersebut hanya terjadi pada kabel data

2. Terdapat masalah pada komponen harddisk


Masalah kedua ini biasanya hal yang sering sekali terjadi dan juga dengan cara menanganinya yang cukup sulit. Gambar jika terjadi masalah pada komponen harddisk tentu saja kita harus mempunyai komponen pengganti, jika memang komponen pada hari tersebut mengalami kerusakan. Jika kamu ingin mencoba memperbaiki masalah tersebut dengan cara ini kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut dengan cara mengenali kerusakan kerusakannya


  • Piringan hardisk eksternal tidak berputar tetapi lampu indikator menyala

Jika kerusakan terjadi dengan masalah seperti ini Hal ini dikarenakan IC spindle error. IC spindle berfungsi untuk memutar piringan atau plater harddisk, sehingga mempunyai peran yang sangat penting bagi hardisk.

Untuk masalah komponen lain biasanya jarang terjadi kerusakan. Sehingga pada saat ini kamu harus memfokuskan untuk mengganti IC spindle.


  • Piringan hardisk berputar tetapi tidak dapat terbaca di my computer namun lampu indikator menyala

Sebuah hardisk eksternal telah dilengkapi dengan komponen pendukung yaitu sebuah converter, yang berfungsi untuk menghubungkan antara hardware hardisk dengan komputer atau laptop.

Tugas dari sebuah converter yaitu membagi tegangan dari 4 jalur USB yang menjadi 7 jalur tegangan, Sama halnya seperti stik USB.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu hanya perlu mencabut PCB converter, kemudian kamu gantikan dengan cara mengambil PCB yang ada pada hardisk lain. Untuk komponennya kalau bisa lihat pada gambar berikut.


Jika kamu sudah tahu dua permasalahan diatas, maka untuk masalah yang terjadi pada port USB komputer atau laptop kamu dapat menyimpulkannya sendiri.

Itulah cara mengatasi hardisk PS2 tidak terbaca di komputer atau laptop yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah yang sedang kamu alami. terima kasih
close