Friday, October 20, 2017

Cara Membatasi Waktu Penggunaan Komputer Di Windows 10

Cara membatasi waktu penggunaan komputer di windows 10 - Halo sahabat blogger, jika pada komputer Windows 10 kamu terdapat lebih dari satu user, dan user tersebut terkadang lupa waktu jika sedang menggunakan komputer. Tentunya kita akan menunggu dengan waktu yang lama untuk menggunakan komputer tersebut. Maka dari itu kita harus menggunakan sedikit trik yang bisa kita gunakan melalui command prompt untuk memberikan interval waktu Penggunaan komputer.

Pada kesempatan kali ini, troublekit akan memberikan tutorial cara untuk membatasi waktu penggunaan konputer untuk setiap user yang menggunakan komputer di Windows 10. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

Cara Membatasi Waktu Penggunaan Komputer Di Windows 10


1. Pertama kamu buka command prompt yang dijalankan sebagai administrator.
2. Setelah itu pada command prompt kamu ketikkan perintah seperti berikut : 

net user namauser /times:M-F,7am-11pm

Keterangan :

  • Ganti namauser di sana dengan nama lokal akun yang ada pada komputer.
  • M-F disana menunjukkan hari, sehingga kamu dapat mengatur hari dengan menggunakan inisial bahasa Inggris seperti contohnya :  dan Minggu (Su), Senin (M), Selasa (T), Rabu (W), Kamis (Th), Jumaat (F), dan Sabtu (Sa).
  • Ganti 7am-11pm sesuai dengan yang kamu inginkan Keterangan tersebut adalah jam yang biasanya digunakan oleh user local account.

Untuk contohnya Saya akan menggunakan nama user Jazz yang akan saya berikan akses dari jam 09.00 pagi Hingga jam 05.00 sore pada hari Senin sampai hari Sabtu. Maka perintah yang harus kamu masukan adalah sebagai berikut :

net user Jazz /times:M-Sa,9am-5pm


Selain itu kamu juga dapat menambahkan lebih dari 1 perintah untuk membatasi waktu Penggunaan komputer. Misalnya kamu ingin membatasi user yang menggunakan komputer hanya pada hari Kamis saja, dari jam 01.00 siang Hingga jam 10.00 malam. Dan juga pada hari Minggu jam 06.00 pagi Hingga jam 10.00 pagi. Dengan pernyataan tersebut maka kamu harus memasukkan perintah seperti berikut :

net user Jazz /times:Th,1pm-10pm;Su,6am-10am


Kamu hanya tinggal menambahkan titik koma jika ingin menambahkan waktu interval Penggunaan komputer yang berbeda, dan juga seterusnya Jika kamu ingin membatasinya lebih banyak lagi. 

Dengan begitu ketika user tersebut telah mencapai batas waktu yang ditentukan, secara otomatis komputer pun akan terkunci dengan sendirinya.

Tetapi jika kamu ingin mengembalikan ke pengaturan semula, kamu hanya perlu memasukkan perintah berikut pada command prompt : 

net user namauser /times:all


Dengan menggunakan cara diatas kamu dapat membatasi waktu penggunaan untuk setiap user yang menggunakan komputer.

Dengan begitu saya akhiri cara membatasi waktu Penggunaan komputer di Windows 10 yang bisa saya sampai pada kesempatan kali ini. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu mengatur waktu Penggunaan komputer. Terima kasih
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 komentar: