Friday, October 20, 2017

Cara Mengatasi File Tidak Dapat Dibuka di Program Default

File tidak dapat dibuka di program default - Halo sahabat blogger, seperti yang kita ketahui setiap file mempunyai tipe ekstensi yang berbeda-beda. Seperti misalnya ada tipe file yang berekstensi MP3, MPG, MKV dan file lainnya. Setiap file ataupun data yang berekstensi berbeda tentu saja kita juga membutuhkan program yang berbeda untuk membuka file tersebut. Seperti MP3 yang bisa kebuka pada GOM Player, dab MPG dapat kamu buka pada photo viewer. Tetapi ketika kamu tidak mempunyai program yang sesuai dengan tipe file tersebut, maka kita tidak akan dapat membuka file tersebut.

Terkadang pada satu komputer terinstall dua program yang dapat membuka 1 jenis tipe file yang sama, misalnya seperti GOM Player dan juga VLC yang dapat membuka tipe file berekstensi Mp3 atau video MP4. Seperti yang kita ketahui kedua Media Player tersebut hampir mempunyai kegunaan yang sama yaitu mampu membuka berbagai jenis tipe file multimedia. Tetapi meskipun kita mempunyai dua program dengan fungsi yang sama dalam satu komputer, tetap saja Kita akan menggunakan Salah satu program untuk membuka file tersebut.

Tetapi jika misalnya kita ingin membuka file MP4 ataupun mkv pada VLC ataupun GOM Player dan tidak dapat terbuka pada 2 aplikasi tersebut, Ada kemungkinan file yang ingin kamu buka tersebut mengalami error ataupun corrupt. Tetapi jika kamu ingin memastikan bahwa file tersebut dalam kondisi yang baik, kamu dapat mengganti Software atau Progrram default kamu gunakan untuk membuka file tersebut. Sebagai contohnya saya menggunakan sistem operasi Windows 7, dan saya ingin merubah program default untuk membuka file mkv dengan menggunakan VLC media player yang asalnya menggunakan program default Media Player Classic dengan 2 cara seperti berikut :

Cara Mengatasi File Tidak Dapat Dibuka di Program Default

Cara Ke 1


1. Pertama kamu cari salah satu file yang berekstensi mkv yang ingin kamu ganti program default untuk membukanya.
2. Setelah itu kamu Klik Kanan pada file tersebut kemudian pilih open with -> dilanjutkan dengan choose default program.


3. Setelah itu Klik Kanan pada software yang ingin kamu jadikan program default, Seperti yang saya katakan tadi untuk contoh ini saya ingin menggantinya ke VLC media player.
4. Jika VLC media player belum tersedia di sana kamu bisa Klik browser untuk mencari VLC media player.
5. Setelah itu kamu jangan lupa Beri tanda pada bagian always use the selected program to open this kind of file, agar nantinya Jika kamu mau ke file mkv Kamu tidak akan ditanya kembali program apa yang akan kamu gunakan untuk membuka file berekstensi mkv ini.


6. Setelah itu klik ok untuk menyimpan perubahan.

Cara ke 2


1. Pertama kamu buka control panel -> kemudian Arahkan pada default program.
2. Setelah itu klik Associate a file type or protocol with a program.



3. Disana kamu klik tipe file extensi yang ingin kamu gantikan program defaultnya. ( contoh mkv )


4. Setelah itu klik change program. Nantinya akan seperti tampilan di atas seperti cara kita menggunakan klik kanan dan pilih open with.

Jika dengan cara ini file yang ingin kamu buka masih tetap tidak dapat dibuka, kamu juga harus pastikan ekstensi file tersebut memang benar dikhususkan untuk program yang ada pada komputer kamu.

Untuk mengetahui ekstensi dari program tersebut kamu bisa Klik Kanan pada file yang tidak dapat dibuka tersebut, setelah itu klik properties, dan nantinya akan muncul properties dari file tersebut. Kemudian kamu lihat pada type of file, Jika kamu tidak mengenali tipe dari file tersebut kamu bisa searching di google dan mencari program apa yang sesuai untuk membuka file tersebut.

Itulah cara mengatasi file tidak dapat dibuka di program di default yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk kamu. terima kasih
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 komentar: