Tutorial Cara Instal Windows 10 Ke Hardisk External - ARTANA

Tutorial Cara Instal Windows 10 Ke Hardisk External

Cara instal windows 10 ke hardisk external - Halo sobat blogger, Apakah kamu sedang membayangkan mempunyai sebuah sistem operasi, yang dapat kamu operasikan di hati sayang sama ataupun USB flashdisk? Sekarang kamu tidak perlu membayarkannya lagi karena kamu bisa melakukan instalasi ke hardisk eksternal dan USB flashdisk dengan mudah. Memang pada juga artikel ini saya hanya menuliskan Windows 10 saja, tetapi cara ini dapat kamu gunakan juga untuk instal Windows 7 dan juga Windows 8 ke hardisk eksternal atau flashdisk.

Sebelum itu kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa persiapan yang dibutuhkan untuk melakukan instal Windows ke hardisk eksternal atau USB flashdisk.
  1. Pertama kamu Siapkan hardisk eksternal, Jika kamu ingin menginstal Windows ke flashdisk, maka kamu harus mempersiapkan flashdisk kosong dengan ukuran sebesar 32 GB (Minimal).
  2. File iso Windows yang ingin kamu instalkan pada hardisk eskternal atau USB Flasdisk, baik itu Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10.
  3. Terakhir Software WintoUSB yang bisa kamu download Disini
Jika persiapan sudah siap kita lanjutkan ke tutorial.

Tutorial cara instal windows 10 ke hardisk external


1. Install aplikasi WinToUSB di komputer, setelah itu kamu jalankan WinToUSB dan Run as Administrator.

2. Kemudian kamu cari file ISO Windows yang ingin  kamu install pada hardisk external. Dengan cara klik Ikon Browse seperti gambar dibawah. Setelah itu lihat WinToUSB akan segera mendeteksi file ISO windows tersebut sebagai Windows 10 Enterprise 64-bit. Dilanjutkan dengan klik next.


3. Kemudian kamu pilih media penyimpanan file ISO dimana windows akan diinstall nantinya. Media Penyimpanan yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah sebuah FlashDisk yang berukuran 32 GB USB 3.0. 

Jika nantinya muncul pop up seperti dibawah kamu klik OK, lalu WinToUSB akan melakukan proses format terhadap flashdisk,  kamu hanya tunggu saja beberapa detik sampai format selesai.


4. Akan muncul notifikasi untuk membagi mana yang akan kamu jadikan sebagai boot Partition dan system Partition, sedikit keterangannya seperti berikut :

- boot Partition merupakan sebuah partisi yang yang didalamnya berisikan berbagai macam file yang dibutuhkan oleh Windows. Di dalam partisi ini berisikan folder program files, program data, Windows, dan lain sebagainya

- system Partition merupakan sebuah yang didalamnya berisikan berbagai macam file agar kita dapat masuk ke dalam Windows, ntldr, ntdetect.com, boot.ini, boot.mgr. jika misalnya tapi ini tidak ada, maka sudah dipastikan Kamu tidak akan dapat mengakses Windows.

kamu juga bisa menyimpan kedua partisi tersebut di dalam 1 partisi. Untuk melakukan instalasi Windows Biasanya kita membutuhkan ruang kosong 16 GB. Tetapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kita menggunakan kapasitas 25 GB. Karena jika kapasitas tidak memadai nantinya akan memunculkan pesan disk Partition or Space insufficient.( kode error ). Jadi usahakan untuk ukurannya tidak pas-pasan juga.


5. Setelah itu klik next dan kamu hanya tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya proses Ini Membutuhkan waktu sekitar 15 menit, tetapi tergantung dari kecepatan komputer dan juga media penyimpanan yang kita gunakan.


6. Jika sudah 100%, berarti kita sudah berhasil instal Windows 10 ke hardisk eksternal ataupun flashdisk.


Cara menggunakan Windows Di hardisk External :


Untuk cara menggunakan Windows 10 yang terinstal di hardisk eksternal atau flashdisk, kamu hanya perlu mengubah settingan boot nya menjadi hardisk eksternal atau flashdisk yang kamu gunakan.

Demikianlah tutorial cara instal Windows 10 ke hardisk eksternal yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

close